Titik "O" Kilometer Tondano

Titik "O" Kilometer Tondano
Tugu ditengah Kota Tondano

Minggu, 21 Agustus 2011

Kendaraan dinas Presiden Obama dan rombongan Bus Anti Granat Seharga Rp 9,3 Miliar

Kendaraan dinas Presiden Obama dan rombongan
Bus Anti Granat Seharga Rp 9,3 Miliar

MOBIL kepresidenan Barack Obama memiliki nama ‘The Beast, sedangkan bus kepre-sidenan presiden Amerika tersebut dinamakan ‘The Be-hemoth.’ Bus tersebut adalah bus yang digunakan Obama dalam tugasnya, perjalanan dinas. Harga bus ini pun cu-kup fantastis, yakni mencapai US$ 1,1 juta atau sekitar Rp 9,35 miliar.
Bus yang dilabur cat hitam legam tersebut merupakan bus yang digunakan Obama dalam kunjungan ke Midwest pekan ini dan diisi oleh Obama dan para staf senior serta pasukan penjaga dari Secret Service.
Lalu apa yang membuat bus ini jadi berharga sedemikian mahal? Ternyata fasilitas yang ada di dalamnya serta sektor keamanan yang mem-buat harganya melambung tinggi. Di kabinnya ada area duduk yang berisi dua kursi dan sofa serta empat kursi di bagian belakang. Ada pula ba-nyak telepon dan televisi layar datar yang digunakan Obama maupun staf untuk menjalan-kan tugas kepresidenan dan mengontrol segala hal.
Perusahaan bernama Hem-phill yang membangun mobil ini dalam situsnya mengata-kan bus ini juga dilengkapi dengan kamar lengkap de-ngan kamar mandi di dalam-nya. Bus ini akan menjadi ba-gian dari armada “pelindung” yang digunakan oleh Secret Service untuk transportasi presiden.
“Nama kode ketika presiden naik adalah “Stagecoach,” kata seorang sumber di pa-sukan Secret Service seperti detikOto kutip dari ABC News, Kamis (18/08).
Dan karena ini adalah bus dinas resmi seorang presiden Amerika Serikat maka hampir bisa dipastikan kalau tingkat keamanannya pun akan sa-ngat tinggi.
Sebab mobil dinas Obama saja mampu menahan tem-bakan senapan mesin hingga ledakan granat. Hal yang sama atau bahkan lebih kuat tentu bisa diaplikasi di bus ini meski Gedung Putih tidak membeberkan secara resmi spesifikasi dan fitur keaman-an yang mereka aplikasi di bus tersebut.
“Merancang kendaraan kita sendiri benar-benar memberi kita tingkat keamanan yang kita tidak dapat mencapai de-ngan sewa bus dan perleng-kapan dengan peralatan se-mentara,” ungkap juru bicara Secret Service.(sbc/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar